Kisah Al-Hasan Al-Bashri Menghadapi Pemimpin Zalim


Ketika memerintah Irak, Al-Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi membangun sebuah istana untuk dirinya di kota Wasith. Setelah istana selesai dibangun, Al-Hajjaj mengundang penduduk kota untuk menonton dan menyaksikan kemegahannya serta agar mereka mau berdoa agar istana tersebut diberkati. Maka Hasan Al-Bashri tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, ketika banyak orang yang berkumpul di tempat itu. Beliau pun ikut datang dengan niat untuk memberikan nasihat dan peringatan kepada semua orang yang hadir tentang semunya dunia yang menipu.

Ketika sampai di tempat itu, semua mata memandang bangunan tersebut. Mereka takjub dengan kemegahan dan luasnya. Lantas Hasan Al-Bashry berdiri untuk menyampaikan khutbah, yang isinya antara lain:

”Kita telah memerhatikan sebuah bangunan yang dibuat oleh orang terjelek dari orang-orang jelek, lalu kita dapati bahwa ternyata Fir’aun pernah membangun sesuatu yang jauh lebih megah dan lebih tinggi daripada bangunan ini. Kemudian Allah pun membinasakannya, sedang bangunan yang dibuatnya pada akhirnya juga rusak. Alangkah indahnya sekiranya Hajjaj sadar bahwa seluruh penghuni langit memurkainya, sedangkan penduduk bumi terlena dengannya.”

Ketika beliau tengah berkhutbah, ada seseoang yang merasa iba dengan nasib beliau setelah ini. Ia pun menyarankan agar Hasan Al-Bashry menyudahi perkataannya. Maka beliau menjawabnya dengan mengatakan, ”Sungguh, Allah telah mengambil sumpah perjanjian dari para ulama, yaitu agar mereka menerangkan ilmu tersebut kepada semua orang dan tidak menyembunyikannya.”

Maka pada hari berikutnya, Hajjaj memasuki majelisnya dalam kondisi marah besar. Lalu ia berkata kepada para anggota majelisnya, ”Celaka kalian, wahai para pengecut! Ada seorang hamba dari penduduk Bashrah yang berdiri dan berkata semaunya tentang kita tapi kalian tidak ada yang berani membantahnya. Demi Allah, aku akan meminumkan darahnya kepada kalian, para pengecut!”

Kemudian dia meminta pedang dan papan eksekusi, lalu kedua benda tersebut dibawa ke hadapannya. Algojo pun didatangkan. Ia memerintahkan beberapa orang pengawalnya untuk menghadirkan Hasan Al-Bashry.

Ketika beliau melihat algojo yang menghunus pedang dengan papan eksekusi di hadapannya, maka beliau langsung komat-kamit bibirnya. Lalu beliau menghadap Al-Hajjaj dengan menunjukkan kegagahan seorang mukmin, serta ketenangan seorang dai.

Ketika Al-Hajjaj meliihat beliau bersikap seperti ini, ia pun langsung merasa takut dengan wibawa dan kharismanya. Ia pun berkata, ”Di sini tempatmu, wahai Abu Sa’id.” Ia mempersilakan beliau untuk duduk di sisinya. Para hadirin menyaksikan peristiwa ini dengan penuh rasa heran dan kaget.

Setelah Al-Hasan duduk di tempat yang disediakan, ia pun memulai perbincangan dengan menanyakan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan urusan agama. Lalu Hasan Bashri menjelaskan dengan hati yang mantap dan keterangan yang menyihir serta ilmu yang luas.

Al-Hajaj pun berkata kepada beliau, ”Engkaulah penghulu para Ulama, wahai Abu Sa’id.” Kemudian ia meminta pengawalnya agar mengambilkan al-ghaliyah untuk merapikan jenggotnya. Lalu ia pun berpamitan untuk pulang. Setelah keluar dari majelis Al-Hajaj, sang pengawal bertanya kepada beliau, ”Wahai Abu Sa’id, sungguh, Al-Hajjaj mengundangmu bukan untuk membicarakan masalah tadi. Tadi, ketika engkau masuk ruangan dan melihat pedang lengkap dengan papan eksekusi, engkau langsung menggerak-gerakkan bibirmu, apakah yang sebenarnya kamu ucapkan?” Maka Al-Hasan menjawab, ”Saya berdoa; ‘Wahai Zat yang memiliki nikmatku, tempatku mengadu di saat kumendapat musibah, jadikanlah kakejamannya dingin dan keselamatan bagiku, sebagaimana engkau telah menjadikan api dingin dan selamat bagi Nabi Ibrahim’.

Comments

  1. SenyumQQ Kini Hadir Dengan Tampilan Design Terbaru , Dengan Bonus Cashback 0.5 %, Gabung di SenyumQQ TIDAK ADA RUGINYA , Dapatkan JEKPOT Ratusan Juta dan DOUBLE CASHBACK Dibagikan Seminggu 2x ;)

    Link untuk daftar : SenyumQQ.com

    CONTACT :
    BBM : D1CD3A22
    Livechat : www.senyumqq.com
    Tel / sms : +855.155.90751
    Whatssapp : +855.155.90751

    ReplyDelete
  2. Acepoker99

    Situs game online terbaik di indonesia.

    Jika Web Kami (Acepoker99 .com) Terkena Internet Positif/ERROR/Connetion Timed Out.
    Silakan Akses dari Via GOBEBAS.COM dan Masukan Link Kami Yah Bosku :)

    Rasakan sensasi permainan 100% Player Vs Player dengan minimal Deposit / Withdraw sebesar Rp.25.000.

    Bonus luar biasa yang kami hadirkan berupa :

    * Bonus Referral 20%.
    Ajak teman-teman anda bermain bersama anda di AcePoker99 .net, potongan meja kemenangan teman anda akan kami kali sebanyak 20% dan akan di bagikan secara otomatis tanpa di claim.


    * Bonus Double Cashback 0.5%
    Kumpulkan Turnover mu sebanyak - banyak nya dalam 1 minggu, kami akan membagikan bonus turnover kepada anda yang berhasil mengumpulkan minimal 1 juta Turnover, semakin banyak turnover yang kalian raih, semakin banyak juga bonus yang kalian dapatkan.

    AcePoker99 juga menyediakan 7 Games dalam 1 User ID:
    - Poker Online
    - Domino QQ
    - Bandar Q
    - Bandar Poker
    - Capsa Susun
    - Adu Q
    - Sakong Online

    Dan sebentar lagi akan keluar permainan baru lagi:
    - Bandar66
    Jangan sampai ketinggalan ya guys.

    Dibantu dengan 5 bank local aktif untuk mempermudah transaksi :
    BCA, BNI (24JAM), BRI(24JAM), MANDIRI (24JAM), DANAMON (24JAM)

    Ayo !! Buruan gabung bersama kami dan rasakan sensasi bermain bersama kami !

    Link >> www. Acepoker99 .net
    Link Alternatif >> www. Acepkr99 .com & www. Acepkr99 .net

    BBM : D8986EBB
    WECHAT : AcePkr
    WHATSAPP : +85587698009

    ReplyDelete

Post a Comment